Selasa, 14 September 2010

Sejarah Kabarasan

Kabarasan adalah sebutan bagi tongkonan di Sillanan yang mempunyai peranan sebagai pemegang kekuasaan di Ma'duangtondok (Tongkonan Karua dan Tongkonan A'pa') serta merupakan bagian dari Tongkonan Karua. Kabarasan berawal dari Tongkonan Buntu Topamaling yang konon dibawa oleh Tinti riBuntu,sampai turunan-temuruan, kemudian kabarasan tersebut berpindah ke Sangtanete Lalanan yang dipegang oleh So' Manaran (Pong Paarak), kemudian dibawa oleh Pong Arruan ke Tongkonan Doa', dan terakhir dibawa Boroallo ke Tongkonan Pangrapa' (sampai saat ini sudah menetap di Pangrapa'). Berdasarkan sejarah tersebut, berarti Kabarasan (Pemerintahan) di Sillanan, bukan turun temurun tetapi secara Politik. Kabarasan mempunyai peranan memagang pemerintahan di Ma'duang Tondok sampai saat ini, contoh konkrit: Jika ada orang yang meninggal di Ma'duang Tondok sampai saat ini dan dipotongkan kerbau minimal 2 (dua) ekor (imbawa kaju kepangka). Maka 1 (satu) kepala kerbau harus dibawa ke Kabarasan (saat ini Tongkonan Pangrapa')yang disebut tila', untuk dibagi-bagi oleh keturunan dari Tongkonan Pangrapa'. Sumber: Dari berbagai orang tua di Sillanan (edit: Leman). Pendapat lain seperti komentar di bawah.

11 komentar:

  1. Tentang Kabarasan :

    Saya mau tanya sedikit bos
    sekalian tambah2 pengetahuan.
    kabarasan (semacam Pemerintahan jaman dulu/mungkin sekarang kabarasan = presiden)
    yang saya pernah dengar2 (kebenarannya sulit di pertanggungjawabkan)ya tu impalumbang batu jao buntu lalanan iamo tu TOME sola INDO' TANGDIANGGA.
    Yang jadi pertanyaan saya kenapa Sampai TOME membawa Kabarasan ke sangtanete (itu yg pertama panggawa).
    kedua..
    kenapa Kabarasan di bawa Pong Arruan ke DOA (Apakah karna kudeta ato kesepakatan tua2 kampung pada saat itu)
    Pada mo to'o Kurre Sumanga'

    BalasHapus
  2. Menurut sumber bahwa Tome anak dari Tintribuntu jadi bukan Tome umpalumbang batu. Menika dengan orang dari Sangtanete, sehingga di pindahkan ke Sangtanete dan dipertahankan sampai Pong Paara' (tidak punya anak), setelah meninggal orang di Sangtanete tidak bisa mempertahankan kekuasaan. Akhirnya muncul pemberani di Doa' yaitu So'Padidi (alias Pong Arruan), kekuasaan dipindahkan ke Doa', sampai So' Padidi meninggal. Begitu kira2 bos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah Pong paara' segenerasi So' Padidi
      sepengetahuan saya, so' padidi jauh dari pong paara'
      mungkin sekitar 3 generasi,
      tabe' kurre sumanga'

      Hapus
  3. bisaraka dipekutanaan boss sumbernya siapa te minai mekutana (massalu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bangsia ke muraikomu add di facebook: leman_palinggi@yahoo.com

      Hapus
  4. ah... tangngia iya sangtanete jioan bos... yang perna pegang kabarasan sangtanete lalanan iya bos... tae' duka iya anna tome' mane sangmai' aka kela tome' i... ( indo' tangdiangga + tome' ) kinai duka jaji apa tae'da iya anna iya....

    BalasHapus
  5. Iya te' passalu joa, bisa dukapa salah, saba' denduka tu data nakua tae' na male lako sangtanete tu kabarasan, langsung male rokko Doa' tonna mewakili to Sillanan tu so' Padidi (Untulak buntunna bone), Den duka tu data kuampa' kumua Sangtanete Lalanan nanai tassu' So' Manaran (Pong Paara'), tapi iya tu sangtanete lalanan (mesa'da generasi langgana anna tome, jadi mane sangmai' duka kela, susi to' misanga), iya duka pa to' kela saba' jajikomu lammai Tome, Indanna da tomatuanna Tome kela?? Ia ke muraikomi add tu facebookku: leman_palinggi@yahoo.com (kemudian kita diskusi).

    BalasHapus
  6. iya duka tu naannaankan nene'ki boss sangtanete lalanan (palumbangan batunna indo' marrede + lau' dani/ tobuntu lalanan)
    indo' marrede anakna sumbang datu sola benjana lan banua sura'. dan menurut nene'ki indo' tangdiangga sudah generasi ke 4 di sangtanete lalanan sibali tome' (tobuntu lalanan) oh.... kalau tome' mbai tae'pa kipalandi' laissalu keturunanna tintiri buntu..
    karena buda dukamo kinai mekutana tapi tae'pa tau lan sillanan bisa issalui boss..

    BalasHapus
  7. Wa' be' tangia dika Palin + Daun Langi' (Umpalumbang Batu Lan Sangtanete Lalanan), Lau' Dani... (Nama tidak perna didengar adanya.... Siapa orang tuannya??),iya duka tu' Passalummu to Sangtanete Jioandi tu napobaine TOME.. Selanjutnya Bisa misalu kumua Lau' Dani Tobuntu lalanan, na tea' mi bisa ussalu Tome... umba susi to'?...

    BalasHapus
  8. Mengenai Sumbang Datu + Benjana (MBS - Maruang Banua Sura') Melahirkan Indo' Marrede + Daun La'bi' (To Buntu Topamaling), Melahirkan Marrede ---> melahirkan lagi Lai' Marrede. Kemudian pempirandi kebaine tinde TOME?? saba' Indo' Suangga dibainena (Atau iabangsia Indo' sungga tu Indo' Tangdiangga'??), jajimi So' Suangga + Tumba' Tosalu jajimi Pala'biran, Tekini', So' Pala'biran, Indo' Lai' Adi, Mangallo.

    BalasHapus
  9. mbai la susi di te'e mane,
    iya tinde Tome generasi ke 6 dari Tinti riBuntu,
    iya tu kurangi di pokadangkan mane susi te'e
    iya tonna sae tu Tinti riBuntu imbawa aluk jao Sillanan,
    sae lan di iya Buntu To' Pamalling, (tamanna Buntu Lalanan)
    konon rumahnya tidak sembarang orang bisa melihat,
    nakua ade' ma' kada Tae' da angku sae injaka' apa, sae da' imbawa aluk sanda saratu'
    jadi iya tu bati'na si mesa'2 bangdi sae lako generasi ke 6 (generasiina Tome.

    iya tinde tome 8 generasi baru saya lahir,
    jadi iya anna pangreken2 ku bangdi, dia itu hidup sekitar tahun 1700 akhir,
    asumsi 3 generasi dalam 1 tahun,

    masalah kepindahan kabarasan
    kumua jao mai buntu to'pamalling male nabawa tome lako sangtanete anna patorroi jio anna sule langgan buntu lalanan tinde tome impalumbang batu sola indo' tangdiangga/indo' suangga, sterusnya di bawah ke doa' oleh so' padidi,
    saya sanksi akan kebenaran cerita ini,
    kenapa..??
    iya tu So' padidi wakil dari sillanan untuk peristiwa untulak buntunna bone,
    kebanyakan topadatindo pada saat itu di ben pangkat to bara',

    inti dari yg saya mau katakan ini adalah,
    aluk sanda saratu' sae di bawa oleh Tinti riBuntu jao buntu to'pamalling,
    pada saat itu semua ritual keagamaan ba'tu adat jao nasang iya buntu to' Pamalling,
    baru setelah terjadi topadatindo (thn 1680) tonna sule parari tu So' Padidi di benmi Kabarasan,
    mane' di pada saat itu na atur tu pembantu2na (Sangtanete sebagai Tora tondok), Karampa' tomanta'da sebagai Toma' doke beang, Nosu sebagai to sitoi masakka'na dan lain sebagainya,

    masalah di kua Tome male imbawai lako sangtanete, bagi saya tidak masuk akal,
    umba o nakua la tome imbawai lako sangtanete na na latilele mida tama pangrapa' tu kabarasan anna jaji tu Tome,

    marilah kita berpikir logis, dengan tidak mengenyampingkan cerita dari pendahulu kita,
    bisa saja ada kekeliruan mengingat mereka hanya mengenal budaya Tutur,

    kalo mau add saya untuk berdiskusi
    silakan di
    erwin.postel@gmail.com
    kurre

    BalasHapus